Galeri Arsitektur Jakarta

Berbaris -Gedung-gedung moderen ala ibu kota, Jakarta 
Nikmat jalan-jalan di Jakarta ada di jalanan Jakarta itu sendiri.


Di balik ngerinya macet Jakarta, banyak yang lupa kalau setiap hari mereka sebenarnya sedang 'jalan-jalan'. Secara nggak sadar, di sepanjang Gatot Subroto atau jalur macet terkutuk Sudirman adalah galeri arsitektur bangunan yang megah.

Jakarta memang kelihatan kusut saat di program berita televisi, tapi juga kelihatan keren saat dijadikan filem berlatar gedung-gedung moderen khas metropolitan.

Dari banyaknya daftar tujuan wisata orang-orang yang bepergian ke Jakarta, rasanya sayang kalau jalan-jalan di ibu kota negara cuma sebatas Ancol, Dufan, atau Kota Tua.

Justru 'taste' Jakarta ada di sepanjang jalur yang setiap hari dilalui warganya.

Nuansa futuristik ada di dalam seni arsitektur bangunan moderen di Jakarta. Mulai dari Menara UOB, Wisma 46, Da Vinci Tower, dan gedung-gedung lainnya. Mengagumkan.

Kemegahan bangunan saat malam hari semakin berlipat-lipat. Saat cahaya lampu yang berwarna meriah mencitrakan impian, kesuksesan, sekaligus 'fun' yang sangat metropoloitan. Apalagi city light saat malam hari. Wah!

Sepulang magang, saya dibonceng teman naik motor. Jam 5 sore semua kendaraan di Sudirman nyaris berhenti gara-gara macet. Di jam-jam menjelang malam itu, langit Jakarta berubah warna kekuningan. Lampu berwarna-warni bangunan dinyalakan. Saya bilang, "Bukannya tiap macet begini kita sedang 'dibuat' jalan-jalan, ya?"

0 komentar:

Post a Comment