Tiket Menuju Atlantis


Tinggal di belasan ribu kepulauan seperti Indonesia mestinya kita bisa berenang, dan mestinya lagi, keajaiban bawah lautnya dari dulu kita selami.
Setiap nonton filem dokumenter bawah laut bikinan penyelam, saya kepikiran di laut yang mana saya bisa lihat apa yang mereka lihat. Begitu tahu nggak semua orang bisa -sekaligus- diizinkan menyelam tanpa lisensi menyelam, saya kepikiran: jangankan menyelam, berenang aja nggak bisa!

Dari beberapa syarat yang harus saya penuhi sebelum bisa menyelam, berenanglah yang bikin saya ciut. Dari dulu saya paling nggak jago berenang. Karena biasanya, di kolam renang nggak semua kita memang datang untuk berenang. Kalau nggak foto-foto, ya mojok sambil ngerumpi. Entah karena dari kecil kita terbiasa diajak berenang untuk rekreasi, bukan edukasi. Sampai setelah tamat sekolah pun saya nggak bisa berenang meski SD SMP SMA saya ikut ekskul berenang.

Iseng-iseng saya buka youtube. Saya bongkar semua tutorial dasar berenang. Barulah setelah menonton beberapa vidio saya sadar kalau berenang itu gampang. Salah satu vidio yang saya simpan bahkan mempertontonkan orang gendut bisa berenang bahkan mengapung dengan sangat effortless. Saya penasaran.

Ada teknik dasar yang selama ini saya nggak tahu atau mungkin saya aja yang lagi mojok sambil ngerumpi waktu guru olah raga saya menjelaskan cara berenang. Hari pertama, saya sengaja latihan di jam-jam dimana kolam renang lagi sepi. Sebelum nyemplung, saya nonton tutorialnya dulu. Awalnya saya masih belum nyaman ketika praktik di dalam air. Makanya saya buat rekaman latihan sendiri, koreksi sendiri. Dengan begitu saya nggak perlu bayar orang buat mengevaluasi berenang saya yang masih malu-maluin. Setelah satu teknik berhasil, saya naik ke pinggir kolam dan lanjut nonton, begitu seterusnya. Sampai bisa.

Selama tiga bulan, latihan saya berhasil. Dari rekor yang cuma seperempat lebar kolam, sekarang saya sudah bisa berenang mengitari kolam, berenang terlentang - tengkurap juga saya hajar. Dari sekadar ingin bisa, sekarang saya justru kecanduan. Rasanya nggak ada yang lebih gersang ketimbang seminggu nggak berenang.

Dive Spot: Seulako Island
Untuk bisa menyelam, saya harus menyisihkan waktu buat ikut kursus. Begitu ada kesempatan pendidikan ke Jakarta, saya sempet-sempetin Sabtu dan Minggu ikut kelas menyelam. Semakin dipelajari, menyelam ternyata bukan olahraga yang main-main. Selain peralatannya yang banyak dan ribet, teknik menyelamnya pun segambreng. Setelah ujian teori, ada ujian menyelam ke laut dalam. Wah kalau sampai pingsan di lautan gimana dong? Siapa yang nggak panik!

Di antara semua peserta yang lagi memperjuangkan lisensi menyelam, saya termasuk yang gampang panik di dalam air. Malunya lagi, saya sempat muntah di atas kapal setelah ujian penyelaman pertama. Padahal peserta lain biasa aja. Nggak tahu kenapa kepala saya sakit bukan main. Seumur-umur saya nggak punya riwayat vertigo, tapi kali ini saya benar-benar tumbang! Badan lemas, wajah jadi pucat. Saya hampir memutuskan nggak ikut ujian penyelaman berikutnya dan batal  melihat indahnya dunia atlantis!

Sambil berbaring menenangkan diri, saya langsung googling dan kemudian tahu kalau vertigo yang menyerang penyelam pemula muncul ketika turun ke dalam air terlalu cepat. Pantas saja selama menyelam kepala saya pusing dan nggak hilang-hilang. Di penyelaman kedua, saya turun perlahan. Sangat perlahan. Dan tidak ada masalah. Tidak ada rasa pusing apalagi sakit di kepala saya.

Ujian sukses, lisensi menyelam saya pun keluar.

They look busy
Menyelam memang mahal. Tapi jalan-jalan ke luar negeri juga nggak murah. Kalau sudah makin berumur atau anggaran belanja tiket pesawat ke luar negeri udah disubsitusi ke cicilan rumah, kayaknya lebih asoy nyantai-nyantai di negeri sendiri deh! Main ke pantai, berenang di air sebening kristal, atau menyelam sekalian ke bawah lautnya!

Dengan mengantongi lisensi menyelam, saya jadi bebas mau menyelam di mana aja. Soal biaya menyelam yang selangit juga nggak perlu jadi pikiran karena udah banyak dive center yang murah dengan hitungan biaya per sekali menyelam. Lebih fleksibel, karena bisa menyelam kapan aja kita mau. Jadi, kapan lagi menyelam ke dunia atlantis?

24 comments:

  1. ahhh... udh lama pengen latihan nyelam tapi gak sempet2 nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..untung aja bisa janjian dengan kursus divingnya supaya jadwal latihan dibuat pas weekend, kalo nggak, yaaah..ngga jadi2 deh hahaha

      Delete
  2. aku berenang belum jago sih. aku g kuat kalau disuruh bolak balik kolam. Tapi bisa berenag sedikit. menurut mas, ini sudah cukup belum untuk langsung k diving? soalnya kata temenku, civing g perlu harus jago berenang. yg pntg ngambang haha. sama aja sih yaa. salam kenal mas, makasih infonya ya. ditunggu kunjungan baliknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. renangnya nggak mesti jago banget kayak atlet juga sih.. soal kursus diving, nanti ditanya-dites juga berenang/ngambang, biar sama2 aman. Di laut lepas gitu siapa bisa jamin kita bakal nggak kenapa2? Lagian, makin enak renangnya makin gampang adaptasi pas nyelem di dalam air..salam kenal juga :)

      Delete
  3. Makasih tipsnya kak..

    ReplyDelete
  4. Setiap tempat punya keunikan dan membawa kebahagiaan sendiri. Mau itu dalam negeri atau luar negeri yang penting kita mensyukuri setiap perjalanan tp gw lebih cinta negeri ku sendiri yg kaya


    Mari menyelammmmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu!!! Kemana aja apalagi perginya rame2 bareng temen2, pecahhh... makasih udah singgah om cumi! ��

      Delete
  5. Nah ini nih, yg aku jg blm jago2 mas... berenang ;D.. pdhl dulu aku kursus renang dr 3 sd, ampe 5 sd.. sempet nguasai gaya dada, tapi kmudian kls 5 stop, ampe skr udh nikah ga prnh coba lg berenang.. makanya aku g yakin masih inget semua teknik2nya.. mungkin ini juga kali ya yg bikin aku lbh seneng ke daerah gunung drpd pantai :D.. walo hrs diakuin pantai di indo mah semuanya bgs2 apalagi bawah lautnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah kursus dari sd, kereen! Pas kecil dulu saya malah pernah cuma main air di kolam kobokan kaki saking frustasinya takut sama air hahaha.. Iya ya, pengen naik gunung juga :( lebih komplit lagi kalo abis nonton sunrise di gunung, pas turunnya berenang2 ke pantai :D

      Delete
  6. enak ya kalo udah punya lisensi bisa kapan aja diving

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bebas... Apalagi kalau main ke indonesia timur sayang banget nggak diving :)

      Delete
  7. Huahah sejatinya pelajaran berenang itu udah ada dari pas TK 😂 , tapi entah kenapa sampe mahasiswa tua ginipun nyelam aja kadng masi takut
    kayaknya emang harus rajin latihan deh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seyogyanya kudu sering2 latihan sih.. Tiap mau nyelam juga kadang masih parno sampe nafas ngos2an di dalam air, boros udara :|

      Delete
  8. Sampai sekarang gue kok masih takut sama kedalaman yah, padahal sudah sering ke kolam untuk latihan berenang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba latihan berenang underwater deh, kalo udah terbiasa sih, bawaanya jadi pengen berenang lebih dalam dan semakin dalam *loh kayak hipnotis* :D

      Delete
  9. waah, bang tendi udah makin hebat aja ya sekarang..

    ReplyDelete
  10. hebat aku aja gk bisa berenang hiks

    ReplyDelete
  11. Ciee backpack mini blognya baruuuu. Ajarin ngeblog dong kak, Travelanggi masih cupu :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kakak bisa aja, cant wait for writng our duet journey. Eh

      Delete
  12. berenang ke hati adek kapan bang?

    ReplyDelete