Rusa Aja Berjemur di Pantai

Berjemur -Rusa-rusa Cagar Alam Pananjung di Pantai Pangandaran


Urusan menikmati sunset, jangan kalah sama rusa.

Untunglah, malam hari menuju Pangandaran saya telat naik bis. Kalau tidak, saya pasti melewatkan nyamannya sunset di Pantai Pangandaran.

Pantai Pangandaran cuma 15 menit jalan kaki dari Terminal Pangandaran. Di pantai sudah banyak penginapan murah. Saya dan tiga teman saya dapat kamar komplit. Semalam cuma 80.000 rupiah dengan kenyamanan kamar mandi air tawar yang bersih, double bed, kipas angin, teve, plus air minum isi ulang. Yah, nggak rugilah.

Kalau sesuai itinerary, sore itu mestinya saya dalam perjalanan pulang dari Pangandaran kembali ke Jakarta. Tapi Tuhan malah menawarkan: bagaimana kalau sore itu kita nyantai di pantai?

Langit sore di Pangandaran sedang emas-emasnya. Kapal-kapal nelayan bernuansa festival dengan bendera warna warni terawat berjajar. Kuda-kuda berseliweran, rusa-rusa nggak kalah eksis berjemur di pantai. Iya! Rusa!

Rusa-rusa di sini sudah nggak canggung dengan manusia. Asal nggak bikin kaget dengan gerakan tiba-tiba, mereka cuek kok diajak berjemur bareng! Sesekali saya pura-pura kasih makanan di depan rusa-rusa yang tanpa busana, dan dengan gampangnya rusanya mendekat!

Lepas dari satu rusa, saya dicegat rombongan rusa yang lain. Sampai matahari terbenam, barulah rombongan rusa-rusa ini bangkit meninggalkan pantai.

Pantai Pangandaran kebetulan dekat Cagar Alam Pananjung. Tiap sore, rusa-rusa ini dengan bebasnya berhamburan ke pantai. Hidupnya memang enak banget. Habis cari makan, kenyang, berjemur, pacaran, duh! Rusa aja main di pantai!

2 comments:

  1. Replies
    1. Kadang-kadang pengen jadi rusaaa!
      Tapi nggak ah, akhir hayatnya nanti di sate ._.

      Delete