Mendapatkan Teman Seperjalanan

Teman baru - Saking baiknya, kami ditawari istirahat semalaman, sarapan, plus Kopi Manggarai  
Liburan sudah dekat. Segala tempat-tempat menarik sudah dilirik. Tapi, pergi dengan siapa?

Suatu kali saya berfikir bagaimana cara meracuni orang-orang supaya tertarik dengan ide liburan saya yang kebetulan memang akan lebih seru jika dinikmati berbarengan. Apalagi dengan sahabat. Saya memang penggemar solo-traveling. Cuma ya terkadang ada momen-momen perjalanan yang memang harus dirayakan lebih dari sekadar dinikmati sendirian.

Menentukan partner liburan juga bisa memakan waktu berhari-hari. Mulai dari menentukan kandidat dengan jadwal cuti yang sama, sampai memikirkan tempat seperti apa yang bisa membuat orang lain tertarik dengan proposal liburan kita.

Masalahnya, nggak semua orang juga tertarik dengan mimpi jalan-jalan kita.

Anak-anak Ruteng - Mereka datang mendekat dan seketika mengisi sela-sela perjalanan panjang

Pasti jalan
Sebelum merayu orang lain untuk liburan bareng, kita sendiri sudah harus memastikan akan pergi dengan atau tanpa siapapun. Jangan sampai mimpi jalan-jalan sirna hanya karena nggak ada teman.

Pastikan kita sendiri adalah peserta yang sudah resmi yang akan melakukan perjalanan itu. Ketika membujuk orang lain dengan proposal liburan, kita udah gampang menjawab pertanyaan, “Kalau kurang orang nggak jadi berangkat dong?” No! Liburan ini tetap akan terlaksana meski cuma kita pesertanya. Dengan modal yakin begitu, orang lain yang tadinya ragu, akan ikutan yakin jika akhirnya dia tertarik dan harus pergi berdua saja.

Tempat orisinil
Ajaklah orang lain ke tempat-tempat yang orisinil, yang kebanyakan orang belum ramai mengunjunginya. Atau ajaklah ia ke tempat-tempat yang sudah pernah dikunjungi tapi dengan cara berbeda, aktivitas yang berbeda. Alasan terbesar mengapa kita harus kesana, atau kembali kesana. Jika di pengalaman sebelumnya menginap di bungalow, maka kali ini ajaklah ia menginap dengan cara camping di pinggir pantai.

Foto bagus
Racunilah orang lain dengan menunjukkan foto-foto panorama yang mengagumkan. Buat ia merasa di tempat itu saat itu juga. Bayangkan semua keseruan yang belum pernah dialami sebelumnya. Tapi jangan sampai mengiming-imingi pemandangan yang berlebihan. Ingatlah untuk tidak selalu berharap besar pada foto-foto bagus di internet.

Itinerary bersama
Terakhir, buatlah itinerary bersama. Jadi, perjalanan itu bisa menyenangkan semua orang. Jika pada akhirnya salah satu tidak berminat dengan kegiatan kita, ya boleh saja dia melakukan kegiatan yang lain pada saat itu. Plus, buatlah pengalaman ini tetap seru untuk dikenang dengan membuat foto-foto yang bagus. Well, menceritakan liburan seseru apapun, rasanya belum nendang kalau orang lain tidak bisa merasakan suasana perjalanan lewat hasil jepretan kita.

Jalan-jalan dengan travel mate bukan cuma soal budget sharing. Tapi secara psikologis akan lebih seru. Sebagai orang Indonesia yang hobi gossip, rasanya gregetan begitu mengalami kejadian seru tapi disimpan di dalam kepala sendiri. Belum lagi mengungkapkan pemandangan bagus sendirian, rasanya nggak lepas.

Kita sering terbawa lamunan saat di dalam bis, saat menunggu di bandara, atau saat apapun di dalam perjalanan. Merenung di perjalanan adalah yang paling sering. Dan di saat-saat ini lah berbagi pikiran dengan travel mate bisa menyenangkan. Di perjalanan belasan jam saat Saya melintasi Mataram – Sape, saya duduk di bus sebangku dengan Bakti. Dari perjalanan yang berawal lamunan itu, kami berdiskusi. Mulai dari small talk sampai big talk. Saat yang lain sedang tidur, kami malah asik berdiskusi tujuan hidup, membahas filosofi pernikahan segala lah. Aduh!

 Us Time - Momen bersama dan bebas memilih topik obrolan sebebas-bebasnya
Setelah semua usaha itu, kalaupun pada akhirnya kita harus jalan sendirian, ya maju terus. Bukannya saat kita memimpikan mengunjungi suatu tempat kita sudah bercita-cita berada di sana? Toh jalan-jalan juga nggak pernah berakhir sendirian kecuali kita yang memang memilih sendirian.

Ketemu di jalan
Ada banyak orang yang akan kita temui di sepanjang perjalanan. Entah itu orang baik yang menawarkan kita menginap di rumahnya, entah itu world citizen yang dengan senang hati akan menemani kita jalan-jalan di kotanya lewat couchsurfing, atau ya teman satu bus yang kebetulan duduk di sebelah kita. Jalan-jalan sendirian pun kita nggak akan pernah benar-benar sendirian. Sepanjang jalan-jalan sendirian justru saya banyak bertemu dengan sesama solo traveler lainnya. Walhasil, karena tujuan kita sama, ya kita jadi jalan bareng.

4 comments:

  1. Gw ngak suka bikin itin pake diskusi bersama, kalo mau itin dari gw hahaha. Kalo pake diskusi ntar ribet ngak jadi2 banyak mau nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. agreed!!! Biasanya sih itin udah fix trus dilempar ke khalayak buat diaminin aja ehehehhe.. Kayaknya lempeng bgt nih jalan bareng om cumi, semua udah beres wahahha

      Delete
  2. aku termasuk tipe traveler yg ga bisa jalan sendirian :).. so far sih travelmate sejati itu suami :D.. kita udh jalan bareng even sblm nikah, jd dia yg udh ngerti bgt gimana perjalanan yg kita berdua suka :D.. tapi kalo suami g bisa, ada 1 temen traveler yg juga cocok gayanya ama aku.. jd asyik bisa klop.. kalo utk kenalan dgn org baru di jalan, aku sih fine aja, tp utk jalan bareng ama dia, mungkin ga bisa..krn blm klik kali yaa :D.. kalo ttg itin mah, itu biasanya aku yg siapin mas :).. soalnya di antara semua preparation sebelum travelin, aku paling semangat kalo bikin itin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Traveler Relationship-goal banget ya, Mbak: travelmatemu adalah jodohmu. Semoga ketemu begini juga..aamiin.. halah hahahah.. Bikin itin seru soalnya kita nyusun sambil menghayal udah sampe duluan di sana :D

      Delete